0

Hari ini gue puasa, bukan bermaksud pamer atau sombong, tapi emang sejak gue mulai baligh gue selalu rutin biasain puasa sunah Senin-Kamis, karena selain ngurangin berat badan gue, sekaligus bisa ngilangin dosa-dosa gue yang numpuk seiring bertambahnya usia, cie gitu. Tadi sore sebelum gue buka puasa, gue dari siang emang ngidam banget pengen makan jagung bakar, akhirnya karena dirumah gue gak ada motor gue terpaksa pakai sepeda yang sering gue pakai transportasi kemana-mana, bukan kenapa-kenapa sih, naik sepeda itu lebih asik menurut gue, bebas polusi dan hemat, apalagi kalau boncengan sama pacar... Gue muter-muter kompleks perumahan gue buat nyari jagung bakar, gue liat udah jam lima lebih tapi gue belum dapet juga tuh jagung bakar, akhirnya gue pulang kerumah tapi lewat jalan lain, gue mau ke alfamart dulu buat beli yogurt kesukaan gue sekalian beli pocky buat persediaan kalau ngemil dirumah, pas pulangnya gue lewat kuburan yang ada dibelakang kompleks rumah gue, sempet merinding sih karena setahu gue itu kuburan rada angker.. Dan sialnya dijalan itu gue juga lagi sendirian, tapi karena gue itu pemberani dan macho banget sebagai cewek, gue beraniin buat nengok ke kuburan itu. Hii gue hampir teriak karena melihat sesosok perempuan lagi duduk dibawah pohon kamboja di pinggir kuburan tersebut. Karena gue tadi lupa bawa kacamata, gue gak terlalu jelas lihatnya, dan karena gue termasuk jenis orang yang suka penasaran, gue deketin perempuan itu. Oh ternyata.. Itu adalah ibu-ibu yang tiap subuh lewat depan rumah gue, ditangannya ada sebuah karung dan sejenis besi kawat panjang yang ujungnya sengaja dibengkokan. Gue berani gak berani ya akhirnya nyapa ibu-ibu tersebut. Gini ceritanya..

Gue : Bu, belum pulang?

Ibu : Belum dek, bunganya belum penuh.. (Sambil nunjukin karung yang isinya bunga kamboja setengah layu)

Gue : Bunga apasih bu?

Ibu : Iniloh dek bunga kamboja, buat dijual dipengepul, dibikin jamu..

Gue : Kan diatas banyak bu, tinggal metik aja..

Ibu : (Sambil ketawa) ya gak bisa dek.. Nanti beda khasiatnya.. Harus yang jatuh..

Gue : Wah, ya kalau kayak gini ya untung-untungan dong bu..

Ibu : Ya gitu dek, namanya juga cari rejeki, ya musti sabar, kalau gak gini nanti anak saya mau makan apa.. (Senyum ke arah gue)

Gue : Ehm, maaf bu.. Emang suami kemana?

Ibu : udah meninggal 2 tahun lalu.. Itu kuburannya.. (sambil nunjuk nisan yang terletak dikuburan paling pojok)

Gue sempet merinding juga sih, berarti ibu ini cuman hanya demi sekolah anaknya kerja keras mati-matian kayak gini, padahal buat nungguin bunga kamboja jatuh dari pohonnya juga gak selalu untung..

Gue : Ooo gitu bu, emang kalau dijual berapa?

Ibu : Lumayan kok dek, satu kilo bisa sampai seratus ribu kalau lagi baik bunga nya, gak terlalu cacat..

Gue : sekilo? Bunga sekilo itu seberapa bu?

Ibu : Ya paling dua sampai tiga sak (karung) ini dek, ini dari tadi subuh cuman dapat setengah sak. Ini bingung mau disetor paling cuman dapet duapuluh ribu..

Gue pun terdiam mendengar penuturan ibu ini barusan, gue merasa terlalu sering menghamburkan uang dari orang tua gue dengan seenaknya, padahal diluar sana lebih banyak yang membutuhkan. Saat itu adzan berkumandang, ibu itu mengambil air yang ditaruh sebuah plastik bening yang ada di tas kecil yang digantung diranting pohon tempat beliau istirahat.

Ibu : Alhamdulillah..

Gue : Ibu puasa?

Ibu : Iya dek, udah biasa, tiap hari ya puasa, makan susah sih, sekalian nambah-nambah ganjaran (pahala)..

Gue juga puasa saat itu kan, gue melihat keranjang sepeda gue, akhirnya gue ambil yogurth yang tadu gue beli di alfamart beserta pocky-nya satu plastik.

Gue : Anak ibu kelas berapa?

Ibu : Kelas enam SD, kakaknya kerja di Jakarta sama istrinya, dia abis ini SMP, bingung mau sekolahin dimana.. Sekolah sekarang mahal banget..

Gue kembali spechless mendengar penuturan beliau, gue yang kadang suka ogah-ogahan buat sekolah atau pernah nyepelein uang spp gue buat maen sama temen jadi nyesel, nyesel karena perbuatan gue dulu benar-benar seperti mengejek mereka yang gak punya biaya untuk sekolah. Gue nyerahin kantong plastik beserta isinya itu ke ibu tadi.

Gue : Ini bu, jajan buat anaknya, tadi saya beli lebih..

Ibu : Ndak usah dek, malah repot-repot..

Gue : Ndak kok bu, tadi beliin sepupu eh ternyata disms ini dia udah beli, daripada mubazir..

Ibu : (Sambil nyalamin gue) makasih ya dek.. Pasti anak ibu seneng bisa makan jajanan mahal kayak gini..

Gue : Ah gakpapa bu, anggap aja ini hadiah dari saya..

Ibu : hadiah gimana?

Gue : hehehe gakpapa..

Gue lihat hape gue, udah jam 6 lebih dikit, akhirnya gue pamitan pulang ke ibu itu, gue liat dompet gue ada duit cepek pemberian papa tadi malem buat seminggu gue kedepan, dengan ikhlas gue akhirnya mengeluarkan uang itu dan ngasih uang itu ke ibu tadi. Ibu itu langsung nyalamin gue lagi, gue lihat matanya udah mulai berkaca-kaca, dia bilang terimakasih ke gue, setelah itu dia langsung pulang sambil membawa karung yang berisi setengah bunga kamboja hasil buruannya hari ini. Gue pun kembali menuju sepeda gue untuk melanjutkan perjalanan pulang gue.. Setelah sampai dirumah gue langsung meluk mama gue dan nyium tangan beliau, gue minta.maaf atas segala kesalahan gue yang sangat banyak ke beliau. Setelah itu gue buka puasa dan menceritakan semua kejadian tadi ke mama. Mama tersenyum menatap gue.

Dan, terkadang bersyukur adalah perbuatan paling klise dan simple, namun kita memerlukan sebuah perantara yang tepat untuk melakukan perbuatan sesimple itu.. Jangan lupa bersyukur ya :)

Post a Comment

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.