0

Yee. Akhirnya ada waktu luang juga buat ngereview bang Apip. Afif Syafi'i. Kenal kagak lu pade tong? ituloh anak Tanah Abang yang bau pomade. Tapi kagak tau sih bang Afif pake pomade ape kagak soalnya pake gak pake tetep oke. Yegak? udah iye-in aje biar cepet. Walah kenapa logat gue berubah gini ya? karena bang Afif ini adalah salah satu komika asli Betawi. Dia adalah salah satu finalis SUCI 5 alias Stand Up Comedy Indonesia Season 5 yang punya ciri khas yaitu selalu menyelipkan bit berbau betawi disetiap materinya.

Kalo di SUCI 4, kita tau tuh ada tukang ojek kesayangan kita semua. Yes. David Nurbianto! Awalnya gue pikir si bang Afif ini bakalan sama gaya-nya ama si David. Secara sama-sama Betawi. Ternyata dugaan gue salah besar. Mereka sama-sama hebat tapi berbeda. David selalu membawakan materi betawi yang terjadi pada kehidupan sehari-hari dengan mengusung keluarganya yang asli betawi dan dibalut komedi yang simple tapi tetep elegan. Dan khas-nya, David selalu ketawa tapi cuma mangap doang. Gak ada suaranya. Mungkin dia pakai mode silent...

Berbeda dengan David, Afif membawakan materinya dengan detail dan teliti melalui sudut pandang yang berbeda. Dibawakan dengan asik, ringan dan tetep lucu. Masih inget tuh gue waktu pre-show, materinya kalo gak salah tentang cabe bonceng 4 sama ibu-ibu yang diklakson kereta gak nengok-nengok. Padahal ini adalah hal klise, tapi Afif mengupas eksensi-eksensi yang ada didalamnya. Lah, malah Indra nih. Ya gitu, dia dengan logat betawi khas-nya mampu membuat penonton tidak hanya mendengar cerita, tapi juga ikut jadi satu dalam cerita tersebut.

Selain itu Afif juga salah satu komika yang peduli akan kebudayaan Indonesia. Dia memperkenalkan budaya betawi pada kita semua. Dan point plus-nya, dia memperkenalkannya melalui akun jejaring sosial miliknya. Karena hari gini jarang banget ada anak muda yang mau-maunya browsing tentang budaya Indonesia. Jarang. Nah, dengan kayak gini para followers yang rata-rata anak muda kan bisa baca dan paham. Jadi selain bisa eksis, bisa cerdas juga. Iya kan? Awalnya gue hanya tau tentang kerak telor dan roti buaya...darat buset aku tertipu lagi uwow~ di Betawi, tapi sekarang gue paham tuh tentang budaya kawinan disono. Yekan siape tau aje ntar jodohnye sama yang disono..hmm. Bahkan gue baru tau ye kalo Palang Pintu tuh harus latihan dulu, gue pikir langsung berantem aje gitu. Gue juga baru tau kalo mau jadi palang pintu ada syarat-syarat dan ketentuan khususnya. Tuh kan wawasan gue nambah.

Ya jadi belajar itu bisa dimana aja, kapan aja dan siapa aja, bahkan sambil ngakak sama pelawak juga kita bisa belajar yekan?

Semoga kedepannya masih ada lagi komika-komika pencinta budaya macam bang Afif ini. Terus berkarya dan tetap semangat ya bang! 😆😆

Post a Comment

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.