0

Hai! Ramadhan tahun ini adalah ramadhan ke dua gue di SMA, eh salah di MAN maksud gue. Gue teringat kira-kira setahun lalu lah, saat ramadhan juga. Banyak banget pengalaman-pengalaman baru yang gue dapatkan. Kebetulan, ramadhan tahun lalu gue sedang menjalani MOS. Kebayang gak sih di MOS-in pas lagi bulan puasa? Zz tidak seperti yang lo pikir kok. Sekolah gue mah gitu sekolahnya, eh. MOS di bulan ramadhan justru menyenangkan loh, karena selain dikasih bimbingan edukasi oleh kakak-kakak OSIS waktu itu, MOS waktu puasa juga membuat waktu jadi gak terasa. Iya, tiba-tiba aja udah buka. Iya buka puasa, buka puasa mulu, buka hati kapan? tsah.

Gue teringat puasa tahun lalu juga gue pertama kali ngepost tulisan tentang senpai, tentang kakak kelas yang pertama gue taksir di SMA. Lucu emang. Ramadhan tahun kemarin adalah ramadhan termanis buat gue. Iya, pertama kali gue merasakan asam-manis nya SMA. Dari mulai dibully kakak kelas, naksir kakak kelas, cari-cari perhatian guru sampai yang paling parah pernah hampir jadian sama salah satu.. Ah sudahlah gue jadi baper gini.

Ramadhan tahun lalu juga ramadhan yang menurut gue adalah ramadhan adaptasi. Kenapa? karena tahun kemarin pertama juga gue pindahan rumah. Gue merasakan suasana baru, temen baru, tetangga baru, sampai tukang ojek baru.. Awalnya emang susah, walaupun gue bukan anak IPA, gue cukup paham dengan ekosistem dan adaptasi. Dan emang semua itu butuh proses yang gak sebentar. Bahkan, sampai setahun ini gue merasa belum cukup sempurna mengenal lingkungan rumah baru gue. Ah, semuanya menyenangkan dan asik untuk dikenang lagi.

Ramadhan tahun lalu, gue ingat betul pertama kali mengunjungi perpustakan sekolah, dimana gue menemukan surga dunia gue, dimana gue saat itu merasa hambar dengan awal masuk SMA yang gitu-gitu aja. Gue yang emang fast-reader pun berhasil menelan beberapa buku dalam waktu beberapa jam aja. Asli deh, kayaknya gue pernah nulis bab perpustakaan ini disalah satu postingan gue..

Ya begitu indahnya ramadhan tahun lalu gue yang kayak cappuccino itu, ada manis-pahit-asin yang kuat sekuat ekstrak esspresso pada kopi gue di ramadhan tahun lalu. Ah nulis begini jadi keinget awal debut nulis dulu, iya.. gue si cappuccino itu.

Bedanya sekarang?

Ramadhan sekarang, adalah ramadhan yang membuat gue lebih bersyukur lagi sebagai manusia. Gak banyak ngeluh. Karena pada awal ramadhan, gue sudah dihadapkan dengan kejadian tidak menyenangkan, mulai dari pulangnya adik dari ayah gue ke Rahmatullah. Fyi, beliau adalah om terdekat gue. Gue sering sekali curhat-curhat dengan beliau. Gue sering dimarahin juga karena emang gue yang nakal. Tapi itu yang ngangenin. Usia beliau baru 41 tahun dan anaknya masih kecil-kecil. Anaknya yang paling besar seusia gue. Dan adiknya baru usia dua tahun. Entah kenapa sejak gue pindahan rumah gue jarang tau kabar tentang beliau. Terakhir denger, beliau masuk rumah sakit karena sakit hepatitis. Ternyata, sakit itu cepet banget menyebarnya, om gue di vonis sirosis di kondisi karier sedang menanjak-menanjaknya. Positive thinking aja, Allah sayang sama om gue makanya diambil dulu. yang tenang ya Om.

Selain itu, ramadhan sekarang juga membuat gue lebih sabar dan lebih berhati-hati lagi dalam berteman. Awal ramadhan kena tikung, tapi gue diemin. Gue mah gitu orangnya. Lucu sih, padahal gue selalu biasa aja melihat orang yang gue suka dekat dengan siapapun, bahkan jadian sama siapapun. Tapi saat tahu dia justru jadian sama temen terdekat gue, rasanya sakit tapi gak berdarah. Haha, gue juga bingung kenapa bisa sesakit ini rasanya, masalahnya, ini sakit ditambah kecewa. Gue kecewa dengan pernyataan temen gue yang tidak sesuai dengan apa realitanya. Kalo suka, ngomong kek dari awal. Jangan janjiin tentang masa depan persahabatan lah, kalo sama omongan sendiri gak bersahabat. Tapi aku mah santai, kalem we lah lur, da hirup mah peurih. Cukup mengertin saja, sikap seperti itu adalah sikap yang gak mampu lagi untuk diperjuangin, yang ada malah ditinggalin. Moving On Coegggg~

Ramadhan tahun ini, gue jadi lebih workaholic dari biasanya. Gue yang emang udah jualan online darin dulu, makin rajin cari duit. Mumpung libur, itung-itung kejar setoran mau lebaran. Gue memforsirkan seluruh tenaga dan pikiran gue dikerjaan. Hasilnya? gue bisa melupakan patah hati gue kemarin walau cuma sedikit. Tapi setidaknya gue bisa mengalihkan pikiran gue ke kerjaan. Bodo amat berat badan turun drastis, bodo amat kantong mata gue gede-gede. Yang penting kerja. Berbekal pengalaman gue ikut MLM dulu, gue gak kaget sama permintaan customer yang aneh-aneh dan pertanyaan-pertanyaan mereka. Udah pinter ngomong gara-gara biasa promosi buat narik downline. Di kerjaan ini, gue udah gak pake hati lagi. Sejak patah hati terhebat itu, gue merasa hati gue udah terlanjur dibawa pergi seluruhnya, sisa sih, sedikit itupun pada akhirnya gue makan sendiri. Muak gue sumpah.

Ya semoga ramadhan tahun ini bakal lebih indah dari tahun kemarin. Dan gue sangat bersyukur bisa bertemu lagi dengan ramadhan tahun ini. Semoga tahun depan bisa bertemu lagi!

Selamat berpuasa dan berbukalah dengan yang serius, karena yang manis belum tentu mau diajak serius.. 

Post a Comment

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.